Entri Populer

Rabu, 09 November 2011


Hadapi Singapura, 'Garuda Muda' Diminta Bersabar




Detiksport/Meylan Freddy
Jakarta - Pelatih timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, sudah mengantongi kekuatan Singapura yang akan jadi lawan di laga kedua SEA Games XXVI. Untuk mengantisipasi gaya main mereka, RD meminta timnya bersabar.

Setelah menghajar Kamboja 6-0 di laga perdana, Senin (7/11/2011), Indonesia akan bertanding lagi pada hari Jumat (11/11/2011). 'Garuda Muda' akan meladeni salah satu tim kuat, Singapura.

Rahmad sempat mengintip permainan Singapura saat mereka bermain imbang dengan Malaysia. Dari pengamatannya, dia sudah punya gambaran gaya main anak asuhan Slobodan Pavkovic itu.

"Singapura adalah tim yang bermain dengan cara yang berbeda dibandingkan tim-tim lain yang bermain di event ini. Saya lihat mereka main dengan pola 3-4-3 dan ketika bertahan mereka main dengan 5-4-1," ungkap Rahmad.

"Jadi, mereka memang sangat fokus dengan lini pertahanan untuk kemudian melakukan serangan balik melalui pemain depan nomor 5 (Navin Neil Vanu). Nomor 5 ini memang punya skill bagus dan kecepatan. Dan beberapa kali memang efektif. Hampir Malaysia kebobolan," sambungnya.

Untuk meredam permainan Singapura, Rahmad meminta timnya main lebih hati-hati dan menghindari kecerobohan. Selain itu, dia juga menekankan pentingnya kesabaran di lapangan.

"Menghadapi tim seperti ini, tentu dibutuhkan kesabaran ekstra dari pemain-pemain saya. Kita harus tahu kapan harus meninggalkan posisi dan membantu serangan dan kapan harus mengambil satu posisi yang lebih efektif. Ini yang akan saya tekankan ke tim saya saat melawan Singapura nanti," tegas Rahmad.

"Kalau kita ceroboh, pasti situasinya akan berbeda. Singapura sangat mementingkan pertahanan dan sangat disiplin. Bahkan, saat Malaysia hanya menempatkan satu striker, tiga bek tengah mereka juga tidak meninggalkan posisinya," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar