Entri Populer

Jumat, 04 November 2011

Abstrak Jurnal PTK

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN AKTIF COLLABORATIVE LEARNING GROUPS PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI

PENELITI 1           : IDA BAGUS AMBARA MANUABA

1)SMA Negeri 1 Pabelan, Desa Ngampon, Kab. Semarang
,2) Program Studi S1 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52 – 60 Salatiga, Indonesia

Abstrak
Pembelajaran aktif di sekolah umumnya masih jarang diterapkan dalam pembelajaran matematika. Akibatnya siswa cenderung pasif dan tidak memperoleh kesempatan yang luas untuk bertanya, berdiskusi, dan mengembangkan segala potensi pengetahuan yang baru diperoleh sehingga prestasi belajar menjadi kurang baik. Penelitian ini menggunakan metode collaborative learning groups dalam pembelajaran matematika tentang trigonometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa serta mengoptimalkan peran serta siswa dalam pembelajaran trigonometri. Penelitian dilaksanakan menggunakan penelitian tindakan kelas pada subyek penelitian siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Pabelan. Dengan menetapkan banyaknya siswa tuntas belajar minimal 75% per siklus pembelajaran aktif, terbukti bahwa metode ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan peran serta siswa untuk aktif dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Aktif, Trigonometri, Collaborative learning groups

Tidak ada komentar:

Posting Komentar